Senin, 03 Desember 2018

keindahan Wisata Danau 3 warna, Nusa Tenggara Timur

 Danau Kelimutu merupakan sebuah keajaiban alam berupa danau tiga warna, danau-danau unik ini merupakan bagian dari Gunung Kelimutu yang berketinggian sekitar 1.639 meter dari permukaan laut. Terletak di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, danau unik ini dapat berubah warna dengan sendirinya tanpa dapat diprediksi, adapun beberapa warna yang pernah muncul dari ketiga danau warna warni tersebut antaralain ialah warna putih, merah, biru, hijau, coklat tua dan beberapa wana lainnya. Danau Kelimutu masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu.




Danau Kelimutu dikenal oleh masyarakat setempat sebagai tempat yang angker, tempat bersemayamnya arwah mereka-mereka yang telah meninggalkan dunia fana. Bahkan penamaan ketiga danau tersebut pun cukup menyeramkan, seperti danau paling barat (paling jauh) yang diberi nama "Tiwu Ata Mbupu" yang berarti "danau jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal", danau yang berada ditengah diberi nama danau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" yang berarti "danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal" dan yang terletak di sebelah timur diberi nama "Tiwu Ata Polo" yang memiliki arti "danau untuk jiwa-jiwa yang ketika hidup selalu melakukan kejahatan", danau ini merupakan danau pertama yang dicapai oleh wisatawan. 

Tidak seperti namanya yang menyeramkan, Danau Kelimutu sejatinya merupakan danau kawah yang cantik dan patut untuk dikunjungi oleh wisatawan, perubahan kimia pada ketiga kawah yang berbentuk danau itulah yang menyebabkan perubahan warna air danau, hal ini justru menambah keindahan dan keunikan salah satu tempat tujuan wisata utama di Nusa Tenggara Timur ini.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

OSPOR PEGUYUPAN KODIM MABAR NTT

OSPOR peguyupan kodim, jadi kepanjangke dari OSPOR ini adalah, orientasi pengenalan organisasi. jadi ospor ini bertujuan untuk membina men...

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Blogger templates